Sabtu, 27 April 2013

Dampak Perkembangan IPTEK Terhadap Kehidupan Masyarakat Dalam Konteks Sosial dan Kehidupan Sehari-Hari



IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi merupakan bagian dari manusia sendiri dalam setiap hari, setiap menit atau bahkan setiap detiknya. IPTEK semakin maju dan berkembang secara bertahap. Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah dua hal yang saling berkesinambungan satu sama lain, semakin berkembangnya ilmu pengetahuan maka akan dibarengi dengan kemajuan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK yang sangat pesat membuat masyarakat menjadi lebih mudah dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari.
IPTEK memiliki dampak positif, secara umum yang paling menonjol dalam kehidupan manusia, seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi seseorang dapat mengetahui kondisi terkini diseluruh dunia dan berkenalan dengan orang lain yang belum pernah kita temui sebelumnya. Dengan perkembangan IPTEK manusia dapat memprediksikan kondisi cuaca terkini. Mempermudah seseorang mendapat pengetahuan baru dengan adanya media seperti internet. Itulah contoh sebagai dampak positif dari perkembangan IPTEK.
Setiap dampak positif pasti memilik dampak negatifnya, salah satu contohnya seperti seseorang yang banyak menghabiskan waktunya untuk chatting, maka ia akan merasa tidak nyaman dengan dunia nyatanya, sehingga ia lebih memilih untuk chatting dengan orang yang tidak dikenalnya. Inilah contoh dampak negatif dari IPTEK secara umum.
Perkembangan IPTEK sulit untuk dibendung, dikarenakan perkembangan IPTEK sangat pesat dan hampir seluruh masyarakat dunia mendukung perkembangan IPTEK tersebut. Terkadang manusia melupakan dampak negatifnya karena faktor kondisi lingkungannya, seperti merasa dunia nyata tidak semenarik didunia maya. Banyaknya media sosial yang bermunculan dapat juga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan seseorang, dia akan merasa terasingkan dan merasa tidak nyaman jika dunia nyatanya tidak menarik bagi dirinya.
Media sosial yang semakin mudah diakses, hanya dengan menggunakan handphone seseorang dapat masuk berselancar ke dalam media sosial. Media sosial dapat diakses oleh berbagai kalangan dan berbagai usia. Pada zaman sekarang dapat dikatakan hanya segelintir orang yang tidak memiliki akun facebook, twitter atau media sosial lainnya. Dengan pembuatan akun yang mudah, cepat dan banyaknya pengguna media sosial, sehingga banyak orang yang tertarik untuk berselancar di media sosial.
Dengan perkembangan IPTEK khususnya di bidang teknologi, anak-anak yang baru mengenal video game akan banyak menghabiskan waktunya untuk bermain game online atau game playstation, sehingga ketika tumbuh dewasa anak tersebut akan merasa minder dengan dunia yang sebenarnya. Video game hanya merupakan hiburan semata seseorang untuk menghilangkan rasa penat, stress, bosan dan jenuh. Video game ini boleh di berikan dalam kontrol jangka waktu tertentu. Apabila seorang anak keseringan bermain video game dan merasa asik dan nyaman, anak tersebut akan kecanduan untuk bermain video game terus dan malas untuk belajar serta enggan untuk bersekolah.
Menurut pendapat saya seharusnya orang tua lebih bijak dalam memberi kebebasan bermain game untuk anak mereka. Orang tua juga harus memberikan pengarahan tentang game dan permainan dengan teman sebayanya. Orang tua juga harus memantau bagaimana perkembangan anak-anaknya agar tidak salah dalam memanfaatkan teknologi. Contohnya dalam pemanfaatan internet untuk anak-anak usia dini seharusnya digunakan untuk menggali dan mencari informasi yang dibutuhkan. Munculnya rasa ingin tau pada anak tak bisa dipungkiri lagi, sehingga dibutuhkan peran orang tua agar anak-anaknya tidak terbawa arus yang hanya membawanya pada efek negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar