Senin, 01 Oktober 2012

Pengertian ODEX dan DEODEX

  1. ODEX : Dalam file sisten Android, aplikasi berbentuk paket dengan extensi APK. Paket aplikasi atau APK ini mempunyai file ODEX yang fungsi sebenarnya adalah untuk menghemat ruang penyimpanan. File ODEX ini sebenernya koleksi dari bagian dari aplikasi yang di optimalkan sebelum proses boot. Dengan begitu, adanya file ODEX akan mempercepat proses BOOT karena meload bagian dari aplikasi2 yang ada. Di sisi lain, adanya ODEX mempersulit proses hacking terhadap APK, karena beberapa bagian dari APK telah di extract dan berada di lokasi yang laen sebelum di eksekusi. 
  2. DEODEX :  Proses Deodexing singkatnya adalah proses pengepakan kembali APK dengan ODEX dengan cara tertentu. Proses pengepakan ini akan menjadi file dengan CLASSES.DEX. Dengan melakukan DeOdexing, semua paket dari APK yang sebelumnya terpisah di satukan kembali di satu file APK, sehingga menghilangkan kecemasan bahwa APK yang dimodifikasi akan konflik dengan beberapa file ODEX.
 Dengan kata lain, ROM yang telah DEODEX, memiliki paket aplikasi yang telah di jadikan satu kembali dalam satu file APK, sehingga mengijinkan modifikasi pada file APK seperti perubahan THEMA. Karena tidak ada kode/bagian paket aplikasi yang lokasinya berbeda maka integritas paket tetap terjaga.

Keuntungan dan Kelemahan.Keuntungan adanya DEODEX adalah lebih ke kemungkinan modifikasi. Yang biasanya di gunakan pada custom ROM dan pemberian THEMA. Developer yang mengembangkan custom ROM biasanya melakukan proses deodex terlebih dahulu, karena dengan deodex, dia bisa merubah banyak paket APK dengan tetap bisa melakukan perubahan THEMA.

Disisi laen, karena file .ODEX sebenarnya di tujukan untuk mempercepat pembangunan Dalvik Cache, menghilangkannya akan membuat waktu BOOT lebih lama. Akan tetapi hal ini benar untuk proses pertama BOOT, karena cache DALVIK saat pertama masih kosong, akan tetapi cache ini akan otomatis terisi dengan seiring waktu aplikasi2 di jalankan. Proses boot yang lama mungkin kembali terjadi jika, cache DALVIK terhapus karena alasan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar