Minggu, 20 Januari 2013

Ringkasan Materi Manusia dan Penderitaan

     Intensitas penderitaan memiliki tingakt-tingkatnya ,ada yang penderitaannya berat dan ringan. Penderitaan memiliki arti menahan,menanggung atau merasakan suatu yang tidak meyenangkan. Tanggapan atau penyelesaian terhadap suatu penderitaan menentukan tingkat suatu penderitaan tersebut,apakah tingkat berat atau ringan. Misalnya suatu penderitaan yang dianggap orang lain ringan,dianggap kita sebuah penderitaan yang ringan.
     Sebuah penderitaan bisa menjadi energy atau motivasi dalam menjali hidup agar lebih kuat dalam menghadapi sebuah masalah. Orang yang terpuruk dalam sebuah penderitaan tidak akan mampu menghadapi sebuah masalah dihidupnya sehingga akan menyebabkan stress atau bahkan depresi yang . Disetiap penderitaan pasti memiliki hikmahnya yang dapat kita petik dari sebuah penderitaan tersebut.
     Kehidupan yang hanya mengalami kabahagian saja akan membosankan,atau bisa dikatakan datar-datar saja,penderitaan adalah salah satu yang mewarnai hidup setiap manusia. Kehidupan memang tak lengkap jika hanya ada kebahagiaan, karena jika hanya ada sebuah kebahagiaan di dalam sebuah kehidupan maka manusia yang hidup di dunia ini tidak akan pernah bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakannya. Allah swt memberi suatu cobaan pasti memiliki tujuan dan pasti ada hikmahnya. Kebanyakan manusai ingat Allah ketika dia dalam keadaan susah dan lupa dalam keadaan bahagia. Ketika dalam keadaan susah manusia itu akan banyak beribadah dan sebaliknya ketika dalam keadaan senang atau bahagia. Allah swt tidak akan memberikan cobaan yang melebihi kemampuan umatnya
     Penderitaan dapat berupa penderitaan lahir atau batin atau lahir dan batin. Misalnya KDRT merupakan penderitaan lahir dan batin. Penderitaan ada yang berupa penderitaan fisik dan psikis atau kejiwaan, contoh penderitaan fisik adalah korban kecelakaan sedangkan contoh penderitaan psikis atau kejiwaan adalah ditinggal orang yang disayanginya.


Hal Positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:
  •  Banyak-banyak mengingat Allah swt dalam keadaan apapun
  • Jadikan penderitaan sebagai cobaan dari Allah swt agar kita semakin dekat dengan Allah swt
  • Jangan selalu terpuruk dalam sebuah penderitaan dan selalu bangkit dari sebuah masalah atau cobaan
Hal Negatif yang harus kita hindari dalam kehidupan sehari-hari:
  •  Lupa kepada Allah swt ketika dalam keadaan bahagia
  • Terpuruk dalam sebuah cobaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar